Kegiatan Sosialisasi Peraturan Daerah merupakan salah satu kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahun oleh Bagian Hukum Setda Kabupaten Tuban sebagai upaya penyebarluasan informasi hukum kepada masyarakat guna mengejawantahkan salah satu asas hukum yang berbunyi “iederen wordht geacht de wet te kennen”, yang artinya“setiap orang dianggap tahu akan hukum” dan melaksanakan pula ketentuan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan. Dengan dilaksanakannya Sosialisasi Peraturan Daerah ini, masyarakat dapat mengetahui dan memahami materi muatan yang diatur dalam Peraturan Daerah yang telah diundangkan . Tentu saja, tidak semua Peraturan Daerah yang menjadi materi Sosialisasi karena jumlahnya yang cukup banyak. Sebagai gambaran, pada tahun 2016 tercatat ada 24 Peraturan Daerah yang telah di  undangkan. Dari segi keterbatasan waktu, tentu mustahil untuk disosialisasikan seluruhnya. Oleh karena itu, materi Sosialisasi dipilih  yang muatannya banyak bersentuhan langsung dan dibutuhkan oleh masyarakat luas. Sedangkan materi Peraturan Daerah lain yang ditujukan bagi kelompok masyarakat tertentu, Sosialisasi dilaksanakan oleh OPD terkait yang membidangi, langsung kepada kelompok sasaran. Pada tahun 2017 ini, Sosialisasi dilakukan diseluruh kecamatan se – Kabupaten Tuban, bertempat di salah satu Balai Desa yang Ditunjuk pada setiap Kecamatannya, berikut daftar Sosialisasi :

1. Kec. Tuban di Desa Sumurgung

2. Kec. Merakurak di Desa Sumber

3. Kec. Kenduruan di Desa Sidoasri

4. Kec. Jatirogo di Desa Karangtengah

5. Kec. Senori di Desa Wanglu Wetan

6. Kec. Bangilan di Desa Kedungharjo

7. Kec. Singgahan di Desa Mulyoagung

8. Kec. Mongtong di Desa Tanggulangin

9. Kec. Bancar di Desa Boncong

10. Kec. Tambakboyo di Desa Dasin

11. Kec. Jenu di Desa Tasikharjo

12. Kec. Kerek di Desa Karanglo

13. Kec. Semanding di Desa Tegalagung

14. Kec. Grabagan di Desa Grabagan

15. Kec. Palang di Desa Glodog

16. Kec. Widang di Desa Mlangi

17. Kec. Plumpang di Desa Plumpang

18. Kec. Rengel di Desa Sawahan

19. Kec. Parengan di Desa Parangbatu

20. Kec. Soko di Desa Jegulo

Adapun materi Sosialisasi Peraturan Daerah yang disampaikan oleh Narasumber dari SKPD terkait, terdiri dari :

  1. Peraturan Daerah Kabupaten Tuban Nomor 01 Tahun 2016 tentang Kawasan Tanpa Rokok dan Kawasan Terbatas Rokok, yang di Sosialisasikan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban.
  2. Peraturan Daerah Kabupaten Tuban Nomor 08 Tahun 2015 tentang Pedoman Pembentukan Peraturan Di Desa, yang di Sosialisasikan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakan dan Desa, Dan KB.
  3. Peraturan Daerah Kabupaten Tuban Nomor 09 Tahun 2015 tentang Pedoman Pembangunan Desa, yang di Sosialisasikan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakan dan Desa, Dan KB.
  4. Peraturan Daerah Kabupaten Tuban Nomor 10 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Sampah, yang di Sosialisasikan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tuban.

Diharapkan dengan adanya Sosialisasi Peraturan Daerah ini, pemahaman hukum masyarakat akan meningkat sehingga tercipta masyarakat yang sadar hukum.