Kegiatan Sosialisasi Peraturan daerah merupakan salah satu kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahun oleh Bagian Hukum Setda Kabupaten Tuban sebagai upaya penyebaluasan informasi kepada masyarakat guna mengejawantahkan salah satu asas hukum yang berbunyi “iederen wordht  geacht de we te kennen”, yang artinya “setiap orang dianggap tahu akan hukum” dan melaksanakan ketentuan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2011 tentang Pembetukan Peraturan Perundang-undagan.  tentu saja, tidak semua Peraturan Daerah yang menjadi materi Sosialisasi karena jumlahnya sangat banyak. Pada tahun 2015 ada 18 Peraturan Daerah yang telah diundangkan. Dari segi keterbatasan waktu, tentu mustahil untuk disosialisasikan seluruhnya. Oleh karena itu, materi Sosialisasi dipilih yang muatanya banyak bersentuhan langsung dan dibutuhkan oleh masyarakat luas . Sedangkan materi Peraturan Daerah lain yang ditujukan bagi kelompok masyarakat tertentu, Sosialisasi dilaksanakan oleh SKPD terkait yang membidangi, langsung kepada kelompok sasaran Pada tahun 2016 ini,Sosialisasi dilakukan diseluruh kecamatan seKabupaten Tuban, bertempat di salah satu balai Desa secara bergiliran setiap tahunnya. Adapun materi Sosialisasi Peraturan Daerah Kabupaten Tuban, terdiri dari :

  1. Peraturan Daerah Kabupaten Tuban Nomor 03 Tahun 2015 tentang Tanggung jawab Sosial Perusahaan, disampaikan oleh Narasumber dari Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) Bidang Perekonomian dan Keuangan dan Staf Ahli Bupati.
  2. Peraturan Daerah Kabupaten Tuban Nomor 04 Tahun 2015 tentang Perlindungan dan Pelestarian Keanekaragaman Hayati, disampaikan oleh Narasumber dari Kepala Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Tuban.
  3. Peraturan Daerah Kabupaten Tuban Nomor 07 tahun 2015 tentang Pemilihan Kepala Desa, disampaikan oleh Narasumber dari Badan Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintahan Desa dan keluarga Berencana Kabupaten Tuban .

Diharapkan dengan adanya Sosialisasi Peraturan Daerah ini, pemahaman hukum masyarakat akan meningkat sehingga tercipta masyarakat yang sadar hukum.