MASAKAN KHAS TUBAN

Kuliner khas tuban atau makanan khas tuban sangat beragam, mengingat daerah Tuban ini terletak di Pantai Utara Jawa Timur. menjadikanya bayak tempat wisata yang menjadi tujuan liburan dan menjual kuliner khas daerah tuban.

Makanan khas tuban ada beragam, makanan khas tuban diantaranya Kare Rajungan, Becek Menthok, Belut Pedas dan Sate Bebek masih banyak lagi yang belum tersebut, untuk anda pecinta kuliner indonesia jika bepergian ke tuban jangan sampai lupa mencicipi makanan khasnya.

Sumber : Makanan Khas Tuban

Kare Rajungan

Makanan khas tuban yang satu ini terkenal dengan rasa pedasnya, bagi anda yang suka makan pedas silahkan cicipi kare rajungan ini, makanan khas tuban Kare Rajungan ini terbuat dari bahan dasar rajungan yang di olah dengan bumbu khas, bumbu dasar yang di gunakan daun salam, batang sereh, laos, santan, air asam, smua di masak dan rajungan di masukan hingga bumbu meresap. Rajungan siap di sajikan.

Becek Menthog

Makanan khas yang satu ini berupa kuah kental bisa di liat tampilanya mirip kari, bencek mentok yang terbuat dari bahan dasar jenis daging mentok yang di bumbui dengan bumbu khas sehingga menghasilkan cita rasa yang sempurna, bumbu rempah yang di gunakan merica, jintan, bawang merah, bawang putih, mesoyi , daun salam, daun jeruk purut, serai , tomat, santan, dan taburan rajangan daun bawang.

Belut Pedas

Mendengar belut memang tak asing lagi di benak anda, namun apa daya jika belut di masak dengan cita rasa pedas, harap maklum umumnya makanan khas tuban ber citarasa pedas, nah belut pedas khas tuban ini harus anda coba, masakan dengan racikan bumbu khas yang menghasilkan rasa yang istimewa.

Sate Bebek

Selain makanan yang terbuat dari bahan dasar mentok di tuban juga mempunyai kuliner khas yang berbahan dasar bebek, yaitu sate bebek dengan rasa yang menggoyang lidah anda, sate bebek dengan tekstur lebih keras dari pada sate ayam, sate bebek ini di oleh dengan bumbu khas diantaranya, bawang merah, bawang putih, cabai merah keriting, daun jeruk, cabai rawit hijau, air jeruk lemon.

Garang Asem

Mengenai makanan khas tuban yang terakir adalah garang asem khas tuban, makanan ini salah satu bahanya dalah ikan tengiri, sehingga menghasilkan rasa gurih namun sedikit asam, sangat cocok untuk makan siang anda, garang asam ini terdiri dari bumbu rempah diantaranya ikan tengiri, air jeruk nipis, garam, daun salam, tomat hijau, santan dan lain-lain.

Buah Siwalan

Buah lontar yang akrab disebut siwalan adalah salah satu oleh-oleh yang laris diburu pembeli yang mudik melewati jalur pantura Tuban. Kenyal dan segarnya siwalan berjodoh dengan air yang juga diambil dari pohon lontar, yaitu legen. Disebut legen karena rasanya legi, yang dalam Bahasa Jawa berarti manis. Siwalan dan legen banyak dijajakan di jalur pantura Kabupaten Tuban, tepatnya di Jalan Manunggal, Kelurahan Kedungombo, Kecamatan Semanding, Tuban.

Legen / Es Legen

Tanaman Lontar ( Borassus flabellifer ) yang banyak terdapat di daerah Tuban dan biasa disebut Siwalan atau Ental memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah menjadi penghasil minuman yang disebut dengan Legen oleh Warga setempat. Legen berasal dari bunga Siwalan yang masih berupa kuncup dalam tandannya. Tandan bunga siwalan itu diiris sedikit pada pucuknya dengan menggunakan pisau sampai mengeluarkan Air berwarna putih yang disebut dengan nira.