PESONA WISATA TUBAN

Tuban merupakan daerah yang terletak strategis karena berada diperbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur. Wisata pantai di Tuban begitu terkenal karena kawasan ini berada di Pantai Utara Jawa Timur. Selain itu, karena daerahnya yang strategis, pada zaman dahulu disini dijadikan sebagai pusat perdagangan oleh Kerajaan Majapahit dan pusat penyebaran agama islam oleh Walisongo.

Di Tuban banyak juga destinasi wisata yang bisa anda kunjungi seperti wisata alam, kuliner dan religi. Dan berikut kami ulas secara lengkap tempat wisata di Tuban Jawa Timur yang bisa dijadikan referensi anda.

Sumber :
http://tempatwisataindonesia.id/tempat-wisata-di-tuban-jawa-timur/

Pantai Boom Tuban

Pantai yang satu ini merupakan semenanjung buatan yang awalnya adalah pelabuhan kuno yang digunakan di masa Majapahit. Letaknya di Desa Kutorejo, Tuban atau 150 M dari Pusat Kota Tuban dan oleh karena itu, tempat ini dapat dijangkau dengan mudah. Soal fasilitas yang ada di pantai ini bisa dibilang cukup lengkap karena diurus dengan baik oleh pemda setempat. Selain itu adapun objek wisata yang menarik di tempat ini seperti sumur tua, jalan yang menjorok ke laut serta gazebo yang dapat kita gunakan untuk melihat sunset dan sunrise.

Pantai Panyuran Tuban

Pantai yang dikenal akan banyaknya pohon kelapa unik ini berlokasikan 6 KM di sebelah timur Kota Tuban atau lebih tepatnya di Panyuran, Kec. Palang, Tuban. Pohon yang ada disini bukan hanya berdiri tegak seperti yang pada umunya kita lihat, akan tetapi ada juga pohon kelapa melengkung dan tumbuh melandai yang menarik para wisatawan. Bukan hanya untuk dipandang yah, kalau anda berkunjung ke Pantai Kelapa anda bisa duduk-duduk santai di pohon kelapa yang melengkung dan melandai itu tadi. Selain menjadi wisata rekreasi, tempat ini juga difungsikan sebagai lokasi kemah. Pemandangan yang alami, indah serta teduh memang lekat dengan Pantai ini. Maka tidak heran kalau pantai yang menjadi bagian dari Wisata Tuban ini selalu ramai dikunjungi setiap waktunya terutama ketika hari libur tiba.

Pantai Cemara

Wisata pantai di Tuban memang terkenal akan keunikannya, setelah pantai kelapa kali ini kita bertemu dengan Pantai yang rimbun akan pohon cemaranya. Lain daripada yang lain memang, di Pantai Cemara ini anda bisa berteduh sembari menikmati indahnya pemandangan alam yang eksotik. Selain itu juga, kalau anda berkunjung ke pantai ini anda akan menemukan Mangrove Center yang biaya masuknya tidak dikenakan biaya sepersen pun. Jadi tunggu apalagi, kalau anda berkunjung ke Kota Tuban jangan lupa untuk mampir ke pantai yang berlokasi di Desa Jenu, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban ( 8 KM dari Pusat Kota ) ini yah. Dijamin, anda akan betah untuk berlama-lama disini.

Pantai Sowan Tuban

Pemandangan alam yang begitu indah dan eksotis ada pada Pantai Sowan ini. Biasa disebut dengan “Wana Wisata Sowan” Pantai ini berlokasikan di Dusun Sowan, Bogorejo, Banjar, Tuban.  Lokasinya memang cukup mudah untuk dijangkau karena berada tepat ditepi Jalan Pantura. Kalau anda berkunjung kesini, anda akan menemukan hutan ditepi pantainya. Berluaskan 32 Hektar di kawasan tersebut tumbuh subur pohon klampis, terbesi serta mahoni. Dan selain itu, tempat wisata di Tuban ini seringkali dijadikan warga sekitar untuk mencari ikan, berkemah atau sekedar berekreasi.

Pantai Remen Tuban

Memang banyak yah pilihan pantai yang masuk dalam wisata di Tuban Jawa Timur. Seperti Pantai Remen misalnya. Pantai ini tergolong baru karena baru dibuka pada tanggal 22 Februari 2015 silam. Berlokasikan di Desa Remen, Jenu, Tuban. Pantai yang satu ini terkenal akan pasir putih dan danau besarnya yang begitu indah. Selain itu, kalau anda berkunjung ke pantai ini maka tidak perlu khawatir perut anda akan keroncongan. Karena mulai saat ini, di Pantai Remen ini sudah terdapat banyak tenda pedagang berjejeran yang berlokasikan tepat ditepi pantai. Meskipun begitu, kebersihan dari pantai ini juga terjaga dengan baik.

Air Terjun Nglirip

Wisata di Tuban yang berikutnya adalah Air Terjun Nglirip. Air terjun ini kalau kita jangkau dari Pusat Kota Tuban memang cukup jauh karena berjarak 37 KM. Berlokasi di Desa Mulyo Agung, Singgahan, Tuban tempat ini menjadi destinasi tempat wisata Tuban yang cukup populer. Keindahan alam yang begitu eksotik dengan warna air yang lain daripada yang lain yaitu biru tosca pada musim kemarau menjadikan tempat ini ramai dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun mancanegara. Memiliki ketinggian -+ 30 meter, tempat ini memiliki cerita mistik yang hampir setiap tahunnya memakan korban jiwa. Jadi, buat anda yang mau berkunjung ke Air Trjun Nglirip, kami peringatkan untuk berhati-hati.

Air Terjun Lembah Bongok

Wisata Tuban Jawa Timur yang satu ini belum banyak dijamah oleh wisatawan karena jalan menuju ke lokasinya yang begitu menantang. Akan tetapi, indahnya pemandangan disekitar mampu mengobati rasa lelah sepanjang perjalanan. Belum lagi merdunya kicauan burung dan adanya monyet liar disini menambah keseruan berwisata. Air Terjun Lembah Bongkok memiliki dua air terjun yang menghiasi tebingan batu. Dan di aliran air terjunnya, pengunjung diperbolehkan mandi dengan syarat berhati-hati.

Lokasi : Dusun Kerokan, Desa Jetak, Kecamatan Montong, Tuban

Goa Ngerong

Goa Ngerong ini merupakan tempat wisata di Tuban Jawa Timur yang ramai akan wisatawan di masa-masa libur karena memiliki objek wisata yang menarik yaitu adanya ribuan kelelawar bergantungan diatap goa. Selain itu, disini ada juga kura-kura putih dan ikan tawes yang belum terkuak cerita mistiknya. Dan untuk menyuruhi goa, kita bisa menggunakan perahu karet yang mana nantinya pada kedalaman 1 KM anda menjumpai air terjun yang begitu indah.

Lokasi : Jalan Rengel No. 155, Rengel, Tuban

Goa Akbar

Goa Akbar ini katanya dulu merupakan kediaman dari Sunan Kalijogo yang diberitahukan kepada Sunan Bonang. Goa ini menjadi objek wisata di Tuban yang cukup ramai karena lokasinya dekat dengan Pasar Baru Tuban.

Pengelolaan dari Goa ini sangatlah baik dan untuk menyusurinya anda bisa berjalan kaki melalui jalan paving. Adapun penerangan dari goa ini dapat membantu kita dalam menikmati indahnya Staklamit dan Staklatit.

Goa Putri Asih

Goa yang indah nan mempesona ini terkenal akan batuan didalamnya. Adapun ornamen-ornamen yang akan anda temui ketika berkunjung disini adalah Pillar, Stalaktit, Gordyn, Stalakmit, Soda Strav, Helektit, Flow Stone, Heksentrik dan Calcite Floor. Bukan hanya satu, namun di Goa ini memiliki 9 ruangan yang memperlihatkan beraneka ragam pesona batu di dalamnya.

Lokasi : Desa Nguluhan, Kecamatan Montong, Tuban

Goa Suci

Selain kaya akan wisata pantainya, Tuban ternyata kaya akan wisata goa. Setelah tadi kita mengulas seputar Goa Ngerong, Goa Akbar dan Goa Putri Asih, kini masih ada Goa Suci. Goa yang tergolong goa buatan ini dibuat pada tahun 1026. Menurut sejarahnya, goa ini termasuk peninggalan kerajaan Majapahit yang terletak dikawasan penambangan batu kapur. Selain itu, Goa Suci ini juga sering dijadikan sebagai tempat meditasi dalam mencari ketenangan hati dan ilmu kebatinan.

Lokasi : Leran Wetan, Palang, Tuban

Goa Kancing

Goa Kancing berbeda dengan goa-goa yang sudah kita ulas sebelumnya, karena goa ini memiliki keunikan sendiri yaitu adanya lubang sumur yang memiliki kedalaman 4-5 meter serta kokohnya tebing yang berdiri di mulut goa.

Lokasi : Dusun Tlogo, Desa Prunggahankulon, Kecamatan Semanding, Tuban

Pemandian Bektiharjo

Pemandian Bektiharjo ini meupakan wisata Kota Tuban yang menyenangkan buat anda yang hobby berenang atau sekedar bermain air. Berbeda dengan kolam renang pada umumnya, Pemandian Bekti Harjo ini airnya bersumber secara alami. Selain itu, di tempat ini juga terdapat kera liar yang jinak untuk diajak bermain atau sekedar dikasih makan. Jadi, kalau anda mau mengajak keluarga untuk berekreasi, maka tempat inilah yang cocok untuk dijadikan referensi wisata keluarga di Tuban.

Lokasi : Bekti Harjo, Kecamatan Semanding, Tuban

Pemandian Air Panas Prataan

Pemandian yang satu ini berlokasikan di tengah hutan kecil. Meskipun airnya alami seperti di Pemandian Bektiharjo, namun tempat ini berbeda karena air panas dan dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti penyakit kulit,rematik, encok dan masih banyak lagi.

Lokasi : Prataan, Kecamatan Parengan, Tuban

Watu Ondo

Berlokasi tidak jauh dari Pemandian Bektiharjo, wisata di Tuban yang satu ini biasa disebut “ Watu Ondo “ yang dalam bahasa indonesia berarti “ Tangga Batu “. Yah, objek wisata Watu Ondo memang berupa tangga yang terbuat dari batu dengan kombinasi gampeng. Selain itu, dilokasi sini juga terdapat jalan yang biasanya digunakan warga sekitar untuk menyiram ladang dan mengambil air bersih. Bukan sembarang jalan yah, kalau anda melewati jalan ini dibutuhkan keseimbangan dan kekuatan kaki yang cukup. Wisata Ondo sebenarnya merupakan jalan utama ngendut dusun dan dusun sencang oleh Medokan dusun yang kawasannya berada di atas tebing.

Lokasi : Bekti Harjo, Kecamatan Semanding, Tuban

Makam Sunan Bonang

Kalau tadi kita sudah mengulas lengkap seputar wisata di Tuban Jawa Timur seperti wisata alam, keluarga, dan pantai, maka selanjutnya adalah wisata religi Sunan Bonang. Yah, selain makam Gus Dur yang merupakan tempat wisata di Jombang, makam Sunan Bonang juga tidak pernah sepi akan peziarah. Maka tak heran kalau Tuban terkenal akan Kota Wali. Yang mana pada dulunya di kota ini memanglah sebagai pusat penyebaran islam. Dan salah satu karya dari Sunan Bonang tidak asing di telinga masyarakat adalah Tombo Ati.

Makam Syekh Maulana Ibrahim Asmoro Qondi

Makam Syeh Maulana Ibrahim Asmoro Qondi terletak di Desa Gesikharjo, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban. Masjid dan makam Syeh Maulana Ibrahim Asmoro Qondi hingga kini masih berdiri tegak dengan relief dan hiasan kaligrafi berusia ratusan tahun. Sejumlah peninggalan bersejarah seperti petilasan, gapura, dan cungkup makam masih kokoh berdiri sebagaimana aslinya.

Sementara makam Syeh Maulana Ibrahim Asmoro Qondi terletak di sebelah barat masjid. Dari sekian banyak peninggalan, hanya bangunan masjid Asmoro Qondhi yang sudah mengalami renovasi, namun tidak mengurangi bentuk aslinya. Semacam jendela, pintu dan langit-langit masjid yang dipenuhi lafadz arab berbentuk kaligrafi ukir kayu jati kuno. Konon, masjid ini merupakan suatu tempat yang mustajabah.

Di samping kiri masjid terdapat sebuah sumur yang airnya diyakini dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Selain sumur juga terdapat benda bersejarah seperti bedug, mimbar dan umpak.

Benda-benda kuno bernilai sejarah ini merupakan eninggalan asli Syeh Maulana Ibrahim Asmoroqondi yang makamnya terletak di bagian barat masjid. Syeh Maulana Ibrahim Asmoroqondi merupakan ayah Sunan Ampel  salah satu anggota Majelis Wali Songo.

Museum Kambang Putih

Museum yang terletak di Pusat Kita Tuan ini berdekatan dengan Masjid Agung dan Makam Sunan Bonang. Museum Kambang Putih ini dibangun 4 Januari 1984 dan barubisa berfungsi dengan baik pada 28 Maret 1984. Mempunyai koleksi yang beragam mulai dari Fosil, Senjata Tradisional, Wayang Golek, Barongsai, Naskah Kulo, Wayang Kulit dan masih banyak lagi.

Lokasi : Jalan Kartini No. 3 Tuban

Wisata Kambang Putih

Kambang Putih Tuban park adalah sebuah pariwisata bahari terbaru di Jawa Timur yang terletak di wilayah Kota Tuban. Tempat wisata ini menawarkan berbagai wahana permainan air dan darat yang bis dinikmati setiap pengunjung. Di wilayah Tuban tak lama lagi akan segera dibuka sebuah Wisata Bahari yang menyuguhkan berbagai wahana menarik yang bisa dinikmati oleh seluruh anggota keluarga. Kambang Putih Tuban Park adalah sebuah tempat pariwisata yang bersebelahan dengan terminal baru Tuban. Tempat wisata ini dibuat dengan sebaik mungkin untuk menjadi alternatif tempat rekreasi baru bagi segenap warga Tuban dan sekitarnya yang ingin menikmati pariwisata bahari terbaru di Jawa Timur. Tempat wisata ini didesain sebaik mungkin agar setiap pengunjung bisa bersantai sambil bermain bersama keluarga tercinta. Kambang Putih Tuban Park atau yang lebih dikenal dengan nama KPTP terletak di jalan raya Jenu – Tuban, desa Sugih Waras kecamatan Jenu Kabupaten Tuban. Adapun tempat rekreasi ini berada tepat berdampingan dengan Terminal Wisata Tuban.

Masjid Agung Tuban

Masjid Agung Tuban dulunya dibangun oleh Bupati Ke-7 yaitu Adipati Raden Ario Tedjo diabad 15. Beraksitektur unik, Masjid Agung Tuban memiliki 3 lantai dengan 6 buah menara yang berdiri lahan 5.246 m2, dimana 3.565 m2 nya adalah luas bangunan.

Dan kalau anda berkunjung ke Masjid Agung Tuban, anda bisa sekalian berwisata religi di Makam Sunan Bonang karena lokasinya yang berdekatan.

Klenteng Kwan Sing Bio

Klenteng yang memiliki keunikan menghadap ke laut langsung ini ramai dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun mancanegara seperti Singapur, Malaysia dan Cina.

Lokasi : Jl. RE. Martadinata No.1, Karangsari, Tuban